Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog

Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog | Berbicara masalah dunia blogging tentu tidak terlepas dari yang namanya postingan. Semakin sering memposting artikel maka semakin bagus dimata google. Tentu seorang blogger sudah tahu bahwa google senang dengan blog yang rutin di update setiap hari dimana hal tersebut menunjukkan bahwa blog tersebut masih dirawat. Oleh sebab itu banyak para blogger berusaha untuk mengupdate blognya setiap hari sekali, setiap minggu sekali, setiap bulan sekali bahkan ada yang memposting beberapa artikel dalam sehari. Jika sampai berbulan-bulan tidak diupdate maka akan berdampak pada penurunan kualitas blog maupun traffic yang datang dari serp google. Untuk itu memposting artikel secara rutin sangat diperlukan dalam dunia blogging. Memang setiap postingan tidak harus ada di halaman pertama google, mungkin sebagian ada di halaman tiga bahkan ada di halaman seratus ke atas yang sudah tentu tidak akan ditemukan oleh pengunjung yang berasal dari google. Untuk menutupi kelemahan ini maka diperlukan yang namanya internal link untuk memperkuat artikel satu dengan artikel lainnya.

Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog

Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog

Ada banyak keuntungan dengan menggunakan internal link disetiap postingan blog anda baik dari segi seo maupun dari segi kemubaziran, nah kata-kata kemubaziran ini jarang sekali anda temukan didunia blogging, benar kah. Biasanya kata mubazir ini menyangkut masalah makanan yang tidak dihabiskan, bukan begitu saudara. Nah kali ini saya akan sedikit menyinggung tentang mubazir dalam dunia blogging khususnya artikel yang anda tulis. Berikut ini manfaat menggunakan internal link di setiap postingan blog.

Manfaat Menggunakan Internal Link Pada Postingan

Saling Memperkuat Antar Postingan
Ketika ada link dari artikel yang satu ke artikel yang lainnya maka ini bisa dikatakan dengan backlink, jadi ada backlink dari artikel satu ke artikel lainnya dimana pada setiap postingan ada satu, dua atau lebih link yang mengarah pada artikel terkait. Untuk itu internal link bisa bermanfaat untuk saling memperkuat antar satu artikel dengan artikel lainnya di sep google, baik artikel yang populer maupun artikel yang tidak populer.

Memperkecil Bounce Rate Blog
Bounce rate tentu sangat erat sekali kaitannya dengan kepercayaan google terhadapt blog yang anda bangun. Semain tinggi bounce rate maka semakin kecil kepercayaan google terhadap blog anda, sebaliknya semakin rendah bounce rate maka semakin tinggi kepercayaan google terhadap blog anda sehingga berdampak pada naiknya peringkat artikel blog anda di serp google. Baunce rate sendiri mengacu pada pengujung yang membuka halaman blog anda, jika satu pengujung blog membuka halaman lima kali maka bisa dipastikan bounce ratenya rendah. Biar lebih jelas mari kita menghitung bounce rate suatu blog pada contoh dibawah ini.

A = Persentase bounce rate suatu blog.
B = Pengunjung suatu blog.
C = Halaman yang telah dibuka pada suatu blog.

A = B/C x 100
    = 250/1000 x 100%
    = 25%

Biasanya blog yang memiliki bounce rate yang rendah adalah blog download atau blog yang berisi konten dewasa. Sudah jelas ya jika konten dewasa bounce ratenya rendah akan tetapi penulis tidak menyarankan anda untuk membuat blog seperti itu karena di dunia maya informasi begitu cepat dalam hal penyebarannya, jadi dosa yang anda dapatkan semakin cepat juga banyaknya. Untuk blog yang biasa-biasa saja bounce rate dibawah 60% bisa dibilang cukup bagus. Jadi intinya adalah untuk membaut pengujung blog anda berlama-lama di blog anda.

Artikel Lama Tidak Mubazir
Kita tahu bahwa tidak semua postingan blog berada di halaman pertama google, jika sudah seperti ini maka artikel yang tidak pernah ditumukan di serp google oleh pengujung akan menjadi artikel usang yang tidak berguna. Agar tidak mubazir dimana anda sudah capek-capek membuat artikel akan tetapi tidak ada satu orangpun yang membacanya, anda bisa gunakan internal link untuk mengatasi masalah yang satu ini. Silahkan anda linkkan artikel yang populer ke artikel yang tidak populer agar ada orang yang membacanya.

Jika kurang jelas masalah internalink anda bisa lihat contoh internal link pada gambar dibawah ini. Oh iya untuk membuat internalink usahakan yang relewan dengan artikel lainnya ya biar pengujung blog anda mau membacanya juga. Anda bisa lihat pada teks yang diberi garis merah, itu adalah link yang mengarah pada artikel lainnya di blog tersebut.

Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog

Itulah beberapa manfaat internal link yang dipasang disetiap postingan. Selain menyangkut masalah seo, internal link juga menyangkut masalah pengunjung sehingga pengunjung blog bisa berlama-lama berada di blog anda. Usahakan desain template blog anda cukup menarik untuk membuat nyaman pengujung blog anda sehingga internal link yang dipasang berguna secara maksimal (Baca : Ciri-ciri Template Yang Bagus Untuk Blog Baru).

Pentingnya Membuat Internal Link Di Setiap Postingan Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Search Engine