Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog

Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog | Sebagai seorang blogger pemula biasanya sangat mudah mengonta-ganti template blog. Biasanya template blog akan diganti setelah menemukan tempalate yang dianggap sangat cocok untuk blognya. Selain itu, faktor bosan terhadap template lama juga menjadi pendorong seringnya template blog diganti. Tentu ini tidak bagus untuk perkembangan blog anda karena setiap anda mengganti blog google akan menemukan code-code yang tidak biasa pada blog anda sehingga google perlu waktu untuk mengenali code-code blog anda kembali.  Biasanya dampaknya pada penurunan traffic blog dan kualitas blog itu sendiri. Untuk itu pilihlah template yang sekiranya tidak diganti untuk selama-lamanya. Selain template blog, mengganti nama domain blog juga berpengaruh besar bahkan pengaruhnya lebih besar dibandingkan mengganti template blog karena menyangkut kepada backlink. Beda nama domain otomatis akan beda backlink yang didapat, oleh sebab itu dipikir matang-matang untuk mengganti template maupun domain. Jika memang tidak diperlukan maka jangan diganti.

Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog

Resiko Mengganti Template Blog

  • Traffick Blog Turun, Jika anda mengganti template yang lama dengan template yang baru maka penurunan traffic blog akan anda rasakan. Ini disebabkan karena code-code blog anda terbilang masih baru dan google perlu mengenali code-code blog anda kembali. Jadi yang awalnya google sudah kenal dengan blog anda malah tidak kenal karena pergantian template blog (Baca : Inilah Penyebab Traffic Blog Turun Secara Drastis).
  • Kualitas Blog Menurun, Tentu kualitas blog akan menurun karena google tidak suka dengan blog yang terlalu sering diganti templatenya. Ada banyak blogger yang memiliki blog yang tidak responsive saat ini dan memilih tidak mengganti templatenya walaupun mengganti template responsive itu lebih baik untuk jangka panjang. Mereka lebih memilih tidak mengganti template karena alasan traffic blog yang sudah terlanjur banyak.
  • Menata Ulang Blog, Mengganti template blog maka otomatis harus menata ulang widget-widget yang ada. Jadi ketika mengganti template baru maka blog akan terlihat berantakan yang harus segera dilakukannya penataan ulang.
  • Adanya Hal Yang Ganjil, Biasanya anda sudah mengenal kekurangan dari template lama sehingga anda sudah dapat menutupi kekurang tersebut. Ketika anda mengganti template baru maka kekurang yang sudah anda tutup ini malah menjadi masalah baru baik didalam konten maupun fitur-fitur lainnya karena setiap template fiturnya tidak sama, tentu ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing antar template yang satu dengan yang lainnya.
Usahakan jika blog anda masih baru carilah template yang sangat direkomendasikan. Biasanya yang direkomendasikan akan banyak yang menggunakan seperti template G Vusion 2 Update (Baca : Template Blogger Keren Terbaru dan Responsive Seo, Ringan).

Resiko Mengganti  Domain Blog


  • Tidak Ada Backlink Masuk, Namanya juga domain baru otomatis backlinknya tidak ada. Jika backlinknya tidak ada maka persaingan di serp akan sangat lemah sehingga ada banyak postingan yang tidak mampu bersaing.
  • Traffic Blog Menurun Drastis, Sudah dipastikan traffick blog akan turun hingga 100 persen, ini disebabkan karena tidak ada postingan yang tersubmit oleh google karena domain masih baru. Jika sudah mengganti domain blog usahakan didaftarkan lagi ke webmaster tool google.
  • Alexa Membengkak, Domain baru otomatis tidak akan ada di alexa sehingga alexa blog anda sangat membengkak bahkan berstatus No Data.
  • Tingginya Pencurian Konten, Sudah tentu domain baru akan dianggap baru sehingga sangat sedikit sekali postingan yang berhasil di submit oleh google. Jika ada blogger lain yang tahu bahwa anda mengganti nama domain kemungkinan sangat besar artikel anda dicuri oleh blogger lainnya.

Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog

Itulah beberapa resiko dari pergantian template maupun domain dari blog yang anda bangun. Jika anda sudah mengetahui resiko ini maka anda bisa memikirkan lagi ketika ingin mengganti template atau domain blog anda apakah lebih banyak negatifnya atau positifnya. Semua itu tergantung keputusan dari anda sendiri, oleh sebab itu sebelum memutuskan anda perlu mengetahui kekurangan maupun kelebihannya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Resiko Mengganti Template dan Domain Terhadap Blog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Search Engine