Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik Sendiri

Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik Sendiri | Dalam dunia pertania pertubuhan dari apa yang ditanam sangatlah penting dimana jika pertubuhan dari sayur atau buah yang ditanam tidak maksimal maka sudah pasti hasilnya tidak akan maksimal bahkan cenderung merugi. Untuk merangsang pertumbuhan sayur atau buah yang ditanam oleh petani tidak bisa mengandalkan sinar matahari karena untuk lebih memaksimalkan hasil panen tentu harus ada usaha lebih. Sinar matahari pun terkadang tidak bisa diandalkan dimana cuaca saat ini sulit sekali diprediksi dimana pada musim kemarau terkadang masih hujan dan musim hujan malah tidak ada hujan yang turun. Oleh sebab itu ada usaha tambahan dimana tidak harus tergantung seutuhnya pada alam atau lebih tepatnya untuk pertumbuhan yaitu sinar matahari.

Untuk itu terkadang petani menggunakan zat pengatur tumbuh (ZPT) untuk memaksimalkan pertubuhan. Akan tetapi ketika para petani ingin menerapkan ZPT sering terkendala dengan harga yang cukup mahal sehingga tidak bisa menggunakannya. Ada sumber mengatakan bahwa harga dari masing-masing ZPT dengan kandungan sekitar 95% harganya sekitar 5 jutaan per kg. Tentu ini sangat memberatkan para petani dimana dengan harga setinggi itu petani harus berfikir 2 kali untuk membelinya. Faktor dari mahalnya ZPT ini bisa saja diseabkan karena bahannya masih impor sehingga stok barangnya masih terbatas dan disamping itu ada banyak petani yang sangat membutuhkannya.

Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik

Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik Sendiri

Dari mahalnya untuk membeli ZPT tentu membutuhkan solusi agar petani bisa memiliki ZPT yang tentunya sangat terjangkau untuk memaksimalkan lahan pertanian. Ada dua kemungkinan untuk solusi ini yaitu:
  • Petani membeli pupuk organik yang didalamnya sudah ada kandungan Hormon/ ZPT, contohnya seperti pupuk organik Solbi agro.
  • Petani harus bisa membuat sendiri Hormon/ ZPT sehingga tidak perlu membeli dengan harga yang cukup mahal.
ZPT sendiri sebenarnya sudah ada pada tanaman itu sendiri yang sering disebut dengan hormon tanaman. ZPT yang kita kenal adalah sintetik atau tiruan dari hormon tanaman ini. Akan tetapi sebagian besar petani tidak tahu pada tanaman apa ZPT itu ada dan pada bagian tanamana mana ZPT itu ada, bahkan cara untuk menggunakannya pun sebagian besar petani masih belum paham.

Sebagian sumber mengatakan untuk cara mengekstrak hormon/ zpt adalah dengan cara defermentasi dengan menggunakan mokroorganisme. Dengan cara inilah para petani dapat menggunakan ZPT dengan harga yang lebih murah karen zat perangsang tumbuh tidak perlu membeli lagi melainkan dibuat sendiri oleh petani. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun berasal dari tanaman yang ada di sekitar sehigga sudah dipastikan biaya untuk pembuatannya sangat terjangkau sekali, berikut cara membuat nya.

Cara Membuat ZPT Dari Tumbuhan Sekitar

1. Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah menghancurkan tanaman tersebut dengan menggunakan blender atau dengan ditumbuk.
2. Tambahkan dengan 1 liter air tiap kg bagian tanaman.
3. Lalu tambahkan mikroorganisme pengurai seperti MOL dan juga EM4.
4. Diamkan kurang lebih selama 10-15 hari, lalu saring hasil ektrak tersebut.
5. Larutan sudah siap digunakan dengan kadar konsentrasi tertentu (untuk memastikan dibutuhkan uji coba terlebih dahulu).

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat hormon/ zpt adalah sebagai berikut ini.
1. Untuk membuat hormon/ zpt auksin anda bisa menggunakan keong mas, bekicot dan juga tauge.
2. Untuk membuat hormon/ zpt sitokinin anda bisa menggunakan bonggol pisang atau air kelapa.
3. Untuk membuat hormon/ zpt giberelin anda bisa menggunakan rebung atau biji jagung.

Jika anda membuatnya dengan cara diatas anda perlu uji coba terlebih dahulu karena konsentrasi penggunaannya bisa anda ketahui dengan jelas. Oleh seab itu sebelum anda menggunakannya alangkah baiknya jika anda melakukan uji coba untuk mengetahui konsentrasinya secara tepat. Jika anda sudah mengetahui konsentrasinya dengan tepat anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus melakukan uji coba terlebih dahulu sehingga tidak memakan waktu hanya untuk uji coba saja.

Cara Membuat ZPT Alami Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah selain memiliki kandungan serat, asam folat, zat besi, kalsium, kalium dan vitamin c juga mengandung zat pengatur tumbuh (ZPT) berupa hormon giberelin dan auksin. Kandungan dari hormon giberelin dan auksin sendiri cukup tinggi dimana didalam dunia pertanian zpt sangatlah dibutuhkan untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan tanaman oleh sebab itu hormon giberelin dan auksin sangat cocok jika diaplikasikan pada tanaman. Pada dasarnya setiap tumbuhan memiliki hormon pertumbuhannya sendiri secara alami akan tetapi dalam jumlah yang sedikit, pada kondisi tertentu tanaman tidak mampu memproduksi hormon pertumbuhan secara maksimal sehingg dibutukan yang namanay zpt tambahan.

Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik Sendiri

Fungsi Hormon Auksin
Fungsi dari hormon auksin sendiri untuk merangsang pertumbuhan aksis longitudinal tananam, DNA kromosom, sintesis dan pembesaran sel. Fugnsinya untuk merangsang pertumbuhan akar pada tanaman, sebagai contoh dapat digunakan pada cangkokan dan juga stekan. Selain itu juga dapat digunakan pada tanaman yang dipindah tanpa menggunakan polybag dimana dalam hal ini akar akan mengalami kerusakan, oleh sebab itu zpt dibutuhkan untuk merangsang tumbuhnya akar baru. Fungsi dari auksin sendiri juga dapat digunakan untuk merangsang proses perkecambahan biji.

Fungsi Hormon giberelin
Fungsi dari hormon giberelin sendiri sebagai pengontrol pertumbuhan pada seluruh bagian tanaman, ini termasuk juga dalam proses merangsang perkecambahan.

Dibalik isu mahalnya zpt yang memungkinkan petani berfikir ulang untuk membelinya. Tidak ada salahnya jika anda mencobat untuk membuat zpt sendiri dengan biaya yang cukup terjangkau tentunya. Salah satu bahan untuk membuat zpt adalah dengan menggunakan bawang merah dimana bawang merah mengandung auksin dan juga giberelin yang cukup tinggi sehingga bisa dijadikan bahan untuk pembuatan zpt secara alami.

Proses Pembuatan ZPT dengan Bawang Merah

Pertama-tama silahkan anda sediakan 10 sampai 15 bawang merah lalu anda haluskan dengan di blender atau ditumbuk. Tambahkan juga 1 liter air dan aduk hingga rata, berikutnya anda saring larutan tersebut agar ampasnya terpisah. ZPT buatan anda sudah siap digunakan.

Untuk penyemaian benih
Rendamlah benih dengan air hangat kuku, caranya yaitu dengan menambahkan 100 cc larutan air bawang merah dengan 1 liter air hangat kuku. Silahkan anda diamkan kurang lebih sekitar 3-5 jam. Lalu anda tiriskan dan benih siap untuk anda semai.

Untuk penyetekan (Stek batang)
Silahkan anda rendam batang yang distek kurang lebih selama 3-5 jam ke dalam 1 liter air bersih yang dicamapur dengan 200 cc larutan bawang merah. Lalu tiriskan, dan anda tanam.

Untuk bibit tanaman
Bibit tanaman yang dicabut akan mgnalami kerusakan pada akarnya, oleh sebab itudibutukan zpt tambahan untuk merangsang pertumbuhan akan. Cara menggunakannya yaitu dengan rendam bibit tanaman kurang lebih 10 menit ke dalam 1 liter air bersih yang dicampurkan dengan 100 cc larutan bawang merah sebelum ditanam.

Untuk pencangkokan
Silahkan anda campurkan 1 liter air bersih dengan 200 cc larutan bawang merah lalu anda oleskan pada bagian batang yang di cangkok lalu anda bungkus dengan media pendukung seperti sabut kelapa atau tanah.
Itulah cara pembuatan dan penggunaan ke berbagai tanaman dengan menggunakan zpt buatan sendiri dengan memanfaatkan bawang merah. Dengan menggunakan zpt buatan sendiri anda akan menghemat biaya dibandingkan harus membeli zpt di kios-kios pertanian. Selain murah, untuk membuatnya pun terbilang sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun. Anda perlu mencobanya untuk merangsang pertumbuhan tanaman yang anda miliki.

Cara Membuat ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) Organik Sendiri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Belajar Search Engine