Membangun Bisnis Aksesori Wanita


Bisnis aksesori wanita merupakan salah satu usaha rumahan ibu rumah tangga yang potensial. Enaknya, usaha ini dapat dilakukan dari rumah, sehingga tak perlu jauh dari keluarga dan tetap bisa mengelola rumah tangga.

Omset dari bisnis aksesori wanita ini cukup besar setiap bulannya. Apalagi jika memiliki jaringan yang kuat dan bisa membuat aksesori wanita yang cantik. Bila tak membuat produk sendiri, maka keahlian yang penting adalah terus update dalam hal tren aksesori. Anda pun bisa menjadikan diri sendiri sebagai etalase untuk memajang aksesori Anda sambil mempercantik penampilan. Sehingga Anda bisa tampil keren sambil memasarkan barang dagangan.
Sebaiknya banyak bergabung dengan komunitas sesama wanita. Pada umumnya wanita senang berdandan dan mengutamakan penampilan. Dan aksesori yang Anda jugal dapat menunjang hal tersebut. Nah, seru kan, sambil gaul, Anda bisa menekuni usaha rumahan yang menjanjikan ini.
Target Pasar
Target pasar dari aksesori wanita ini tentu saja wanita. Seperti diketahui, wanita senang dengan aksesori, baik itu cincin, kalung, gelang, giwang, anting-anting, jepit rambut, bros atau korsase, bandana atau bando dan masih banyak lagi. Tingkatan usianya pun beragam, mulai dari anak-anak, ABG, remaja, hingga ibu rumah tangga.
Wanita menyukai aksesori karena peduli dengan penampilan. Dan aksesori dapat menunjang penampilan diri. Oleh karena itu, bila Anda aktif dalam mengikuti tren aksesori, ini merupakan bisnis yang cocok.
Membuat Aksesori Wanita
Kendati merupakan benda pelengkap, tetapi aksesori tetap merupakan benda yang sering dibeli oleh wanita. Nah, ketimbang membeli aksesori yang mahal, Anda pun bisa mulai memproduksi aksesori sendiri dengan mudah. Anda bisa melakukannya dengan membeli bahan-bahan pembuatnya dengan harga yang lebih terjangkau atau pun menggunakan persediaan barang yang sudah ada.
Jika Anda memang hobi dalam membuat kerajinan tangan, tentu membuat aksesori wanita bukanlah hal yang sulit. Anda pun bisa menambah keahlian dan keterampilan Anda dalam membuat aksesori ini dengan mengikuti kursus atau membeli buku keterampilan membuat kerajinan tangan. Bahan yang dapat digunakan untuk membuat aksesori ini antara lain adalah dengan manik-manik, payet, kain perca, benang rajut, senar dan berbagai bahan lainnya.
Lakukan analisa pasar sebelum memproduksi aksesori yang akan dijual. Sehingga Anda tak sia-sia membuat aksesori yang ternyata tak ada peminatnya. Pantau tren terkini yang sedang digemari. Misalnya gaya hijab, desain bros, gelang, kalung dan lain-lain.
Menggunakan bahan baku yang murah meriah demi menghemat biaya produksi atau modal usaha. Untuk kelas rumahan, tentu pembuatan aksesori tak perlu dari emas atau perak yang mahal. Bisa saja memakai bahan akrilik, batu-batuan, manik-manik, payet, kain flannel atau kain perca. Bahan-bahan tersebut dapat diperoleh dengan membeli di pasar, toko grosir atau pun toko online. Kini di e-commerce sudah banyak toko yang menjual bahan pembuat aksesori dari berbagai daerah dengan harga yang murah.
Layanan e-commerce tak hanya bermanfaat untuk membeli bahan pembuat aksesori, tetapi bisa juga dipakai sebagai sarana Anda untuk menjual kembali aksesori hasil karya Anda. Selain dengan situs layanan e-commerce, Anda pun bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain. Jalur offline pun bisa dijangkau dengan cara bergabung berbagai komunitas, menitipkan di toko swalayan, butik, toko baju, koperasi sekolah, koperasi kampus dan lain-lain.
Demikianlah beberapa kiat jitu untuk membangun bisnis aksesori wanita dari rumah.

Membangun Bisnis Aksesori Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal