Tips Dalam Melakukan Renovasi Rumah

Merenovasi rumah umumnya dilakukan ketika sudah mulai tampak adanya kerusakan hingga memperluas ukuran ruangan baik kamar, hingga ruang tamu dan ruang lainnya. Renovasi tersebut tentu persiapan utama yang harus dipersiapkan oleh pemilik rumah adalah dari sisi Financial, dan menganggarkan biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan renovasi tersebut.
Terdapat dua sudut pandang mengenai persiapan dana yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi, antara lain dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan renovasi rumah yang diinginkan atau Dana yang baru terkumpul untuk melakukan renovasi sesuai keuangan yang dimiliki. Bagi yang belum siap secara anggaran tentu akan melakukan renovasi berdasarkan anggaran yang dimiliki, dan yang sudah siap anggaran akan melakukan renovasi berdasarkan rencana yang sudah dipersiapkan.
Selain anggaran juga terdapat beberapa hal lain yang harus diperhitungkan, apa saja hal-hal yang dimaksud? berikut beberapa tips dalam melakukan renovasi rumah, antara lain :
  • Menabung
Langkah ini memang harus dilakukan bagi Anda yang memiliki rencana renovasi rumah jangka panjang. Sehingga ketika dirasa keuangan yang ditabung mencukupi dan waktunya tepat untuk melakukan renovasi, dapat menggunakan uang yang ditabung tersebut untuk merelakukan renovasi seperti yang diinginkan. Jika ternyata dana yang ditabung masih belum mencukupi, dapat menggunakan tabungan lain ataupun melakukan pinjaman.
  • Tukang Bangunan
Bagian ini cukup penting dan vital, sebab jika Anda tidak memastikan jauh-jauh hari untuk menggunakan jasanya, maka dapat digunakan orang lain yang berencana melakukan renovasi pula. Selain itu lobi harga juga dapat dilakukan dan bisa mendapatkan harga yang sama-sama bisa disepakati jika renovasi rumah dilakukan masih cukup jauh dari tanggal pelaksanaan. Berbeda halnya jika renovasi dilakukan mendadak dan tanpa diluar rencana, akan membuat harga jasa tukang bangunan pun sulit untuk dilakukan negosiasi.
  • Bahan Bangunan
Bagian ini Alangkah baiknya memang dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar dapat terlindungi dari kenaikan harga yang mendadak tinggi atau kelangkaan stok bahan bangunan. Beberapa jenis material bangunan yang mendadak tinggi dan mungkin terjadi seperti Semen, Bata, hingga kayu jenis material lainnya. Akan tetapi pastikan bahan bangunan yang Anda persiapkan dari jauh hari tahan akan kondisi cuaca, atau disimpan ditempat yang aman dari cuaca lembab yang dapat merusak struktur dari material bangunan yang Anda simpan.

Beberapa tips tersebut dapat dipersiapkan oleh Anda yang sedang merencanakan untuk melakukan renovasi pada rumah yang dihuni. Harapannya dengan persiapan dan peerhitungan yang tepat akan menghasilkan rumah yang indah pula.

Tips Dalam Melakukan Renovasi Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal