7 Tempat Wisata Museum di Yogyakarta yang Anti Mainstream

Kata siapa, museum itu jadi tempat wisata yang membosankan? Buktinya deretan tempat wisata museum ini menghadirkan keseruan-keseruan yang tak biasa.  Tak sekedar bangunan tua beserta barang-barang antiknya.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari  website yang menghadirkan harga tiket pesawat murah yaitu https://www.reservasi.com, berikut tempat wisata museum di Yogyakarta yang Anti Mainstream.
1. De Mata Trick Eye Museum
Berbeda dari museum kebanyakan yang menghadirkan kesan kuno, kaku, dan membosankan. De Mata Trick Eye Museum justru menghadirkan petualangan yang seru.
Pengunjung yang datang ke museum ini bisa melihat 120 gambar dan lukisan tipuan mata, yang sebagian besar tampak seakan-akan hendak keluar dari bingkai foto mereka. Gambar-gambar tersebut memiliki ukuran yang beragam, bahkan ada koleksi dengan panjang mencapai 5 meter.
Menerima bunga dari Sri Sultan HB X, berjalan di jembatan tua dengan aliran lahar api di bawahnya, masuk ke dalam mulut buaya, hingga dikejar-kejar T-Rex bisa kamu rasakan di museum Yogyakarta ini.
Lokasi De Mata Trick Eye Museum : De Mata Trick Eye Museum ada dua yaitu:
     De Mata 1 yang terletak di Basement XT Square Jl. Veteran No.151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
     De Mata 2, terletak di lantai dua, Gedung Umar Kayam Kompleks XT Square Yogyakarta,
     Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB
Harga tiket :
     Senin – Jumat, Jam 10.00 – 15.00 WIB : Rp30.000
     Senin – Jumat, Jam 15.00 – 22.00 WIB : Rp40.000
     Sabtu, Minggu dan Peak Season, Cuti Bersama & Hari Libur Nasional, Jam 10.00 – 22.00 WIB : Rp 50.000
*Gratis bagi yang berulang tahun (Dengan menunjukkan kartu identitas).
*Gratis bagi yang berusia 5 tahun
3. Museum Merapi
Tak ada salahnya memanfaatkan waktu berlibur kamu di Jogja dengan menambah pengetahuan di Museum Merapi atau Museum Gunung Api Merapi (MGM)
Museum Merapi memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan Gunung Api dan sumber kebencanaan geologi lainnya.
     Lokasi Museum Merapi : terletak di kawasan lereng Merapi, tepatnya di Jalan Boyong, Dusun Banteng, Desa Hargobinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman.
     Jam Buka : Selama – Minggu, Jam 08.00 – 15.30 WIB
     Tiket Masuk: Rp3.000
*Ada tambahan Rp5.000 jika ingin menonton film pendek berdurasi 24 menit yang berjudul Mahaguru Merapi.
4. Museum Ullen Sentalu
Ullen Sentalu pernah diobatkan sebagai museum terbaik di Indonesia versi Trip Advisor Travellers’ Choice Attraction pada tahun 2013.
Museum di Yogyakarta ini memiliki berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Mataram. Lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip, kain batik, serta peninggalan bersejarah budaya Jawa lainnya akan ditampilkan di sini.
Saat berjalan menyusuri museum ini, dijamin kamu tak akan bosan karena hawa museum yang sejuk ditambah pepohonan yang rimbun, serta bungunan museum dengan kontur yang unik menjadikan museum ini kian istimewa.
     Lokasi dan Alamat Museum Ullen Sentalu : di Jalan Boyong, Kaliurang,
     Jam Buka : Selasa – Jumat : 08.30 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu : 08.30 – 17.00 WIB
     Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Ullen Sentalu : Dewasa : Rp30.000, Anak – anak (Umur 5–16 tahun) : Rp15.000;



5. Museum Benteng Vredeburg
Dahulu museum ini adalah benteng pada masa penjajahan Belanda, namun sekarang benteng di zaman penjajan Belanda diubah dijadikan tempat mengabadikan sejarah Indonesia dalam bentuk diorama yang berisi tentang cerita perjuangan para pahlawan ketika melawan penjajah.
Di museum Jogja ini juga terdapat beberapa koleksi seperti foto, seragam dan berbagai peninggalan para pahlawan.
     Alamat Museum Benteng Vredeburg : Jl. Ahmad Yani No.6, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122
     Jam buka Museum Benteng Vredeburg : Selasa – Jumat : 08.00 – 16.00 WIB, Sabtu – Minggu : 08.00 – 17.00 WIB
     Harga Tiket Masuk (HTM) Museum Benteng Vredeburg : Dewasa Rp. 2.000,-/orang, Anak-anak Rp. 1.000-/orang
6. Monumen Jogja Kembali (Monjali)
Museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ini berbentuk gunung yang terdiri tiga lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan serta ruang serbaguna. Di pintu masuk, terdapat 422 nama pahlawan yang gugur saat membela negara.
Monjali termasuk Museum di Jogja yang paling populer dan paling sering dikunjungi wisatawan daerah.
     Lokasi Monumen Jogja Kembali : Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
     Harga Tiket Masuk (HTM) : Rp10.000;
     Jam Buka : Setiap hari selasa – Minggu, Jam 08.00 AM – 04.00 PM
7. Museum Sonobudoyo
Kamu yang penasaran akan bentuk keris dari berbagai daerah? Maka museum Sonobudoyo di Yogyakarta ini bisa menjawab semua rasa penasaran kamu.
Tempat wisata museum di Jogja ini menyimpan sedikitnya 1.200 koleksi keris.
     Lokasi Museum Sonobudoyo : Jalan Trikora 6, tepatnya di Alun-alun Utara Yogyakarta.
     Harga Tiket Masuk : Rp3.000
Pengen liburan ke Yogyakarta tapi lagi cari tiket promo? Dapatkan diskon tiket pesawat dan hotel hingga Rp1 Juta di Reservasi.com.

7 Tempat Wisata Museum di Yogyakarta yang Anti Mainstream Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal