5 Cara Ampuh untuk Membedakan antara Kopi Luwak Asli dan Palsu

Secara umum, apa pun yang asli pasti produksinya lebih sedikit daripada yang palsu. Ini sudah menjadi sebuah fakta yang tidak bisa dielakkan. Khususnya untuk kopi luwak yang asli. Sayangnya, kopi luwak yang palsu diberikan izin khusus untuk terus dikonsumsi oleh orang banyak. Memangnya, apa saja sih perbedaan antara kopi luwak asli dengan yang palsu?


1. Cium Aromanya

Apa yang Anda rasakan ketika mencium aroma kopi luwak asli? Di sini kita bukan lagi bahas varian kopi luwak, ya. Pada kopi luwak asli, aroma yang keluar sangat khas. Apabila dicermati, maka aroma yang keluar akan menunjukkan identitas varian kopinya. Tanpa harus bertanya sama penjual kopi lebih lanjut.
Kopi luwak yang palsu tidak memiliki karakter seperti itu. Cenderung biasa saja. Bahkan tidak ada aroma kopi yang sama khasnya dengan kopi luwak asli. Hal ini dikarenakan terlibatnya teknik oplosan. Bisa juga karena memang hanya bermain label agar masyarakat luas percaya. Khususnya yang masih awam tentang kopi luwak.

2. Lihat Kemasannya

Barang yang asli, sudah pasti kemasannya dibikin spesial. Cara ini dilakukan untuk menjaga kualitas isinya. Jadi, ketika kopi luwak asli diekspor dalam bentuk kemasan, volumenya tidak akan rusak maupun tercampur udara. Sayang kalau sampai tercampur udara. Sedangkan di dalam udara terdapat banyak kandungan yang tidak ada sangkut-pautnya dengan kopi luwak.
Sedangkan untuk kopi luwak yang palsu, kemasannya biasa saja. Bahkan cenderung main-main. Lebih gawat lagi kalau kopi luwak palsu tersebut mengatasnamakan perusahaan kopi luwak terkemuka. Hanya bermain cap atau merek. Kalau sudah begitu, mau tidak mau masyarakat harus membedakannya dari kesan setelah diminum.

3. Amati Kesan Setelah Meminumnya

Kesan yang hangat, asli, mampu berdiam dalam waktu lama, dan lain-lain itulah yang membuat kopi luwak asli sangat diminati. Bukan saja di Indonesia, tetapi juga dunia. Pada kopi luwak yang asli, kesannya memang beda-beda. Tapi tingkat kekentalannya sama. Ketika melewati tenggorokan, kesan nikmatnya akan tergantung-gantung di sana.
Sedangkan untuk kopi luwak palsu, jangankan kesan kental yang luar biasa seperti di atas, saat nempel di lidah saja bikin curiga. Rasa nyaman yang ditimbulkan lebih mirip kopi biasa. Bahkan kadang-kadang lebih buruk. Ketika tertelan, mungkin lebih nikmat menelan air putih ketika kehausan daripada menelan kopi luwak palsu.

4. Bandingkan Harganya

Harga selalu menentukan kualitas. Begitu kata pepatah. Memang betul. Soalnya barang-barang lain, seperti baju, HP, buku, topi, dan lain-lainnya juga menerapkan hal yang sama. Untuk kemasan yang berisi kopi luwak asli seberat 200 gram saja memiliki harga mulai dari 200 ribu Rupiah hingga 600 ribu Rupiah. Ini di Indonesia, kalau di luar lebih mahal.
Kopi luwak yang palsu memiliki harga yang jauh lebih murah. Bahkan bisa berlipat-lipat murahnya. Produsen kopi luwak palsu tidak peduli soal itu. Asalkan bisa terus memproduksi dalam jumlah banyak dan mencapai keuntungan besar, hal itu tidak jadi soal. Kesan para penikmat kopi nomor sekian.

5. Kadar Kafeinnya

Keistimewaan kopi luwak asli juga terdapat pada kadar kafeinnya. Kopi luwak asli terkenal dengan kadar kafein yang rendah, sebab sudah melewati proses fermentasi dari dalam perut luwak. Sedangkan untuk kopi luwak palsu kadar kafeinnya tetap tinggi. Bahkan bisa lebih tinggi lagi kalau dioplos dengan kopi jenis lainnya biar cepat untung.
Hal yang menimbulkan adanya pembajakan kopi luwak asli adalah soal popularitas dan harga. Kalau kopi luwak asli tidak mahal dan tidak populer, mana mungkin muncul kopi luwak palsu. Oleh karena itu, Anda tidak boleh sampai terkecoh. Jangan sampai niat mau menyesap kopi luwak asli, tapi malah dapatnya yang palsu. Sayangi dompet Anda.

5 Cara Ampuh untuk Membedakan antara Kopi Luwak Asli dan Palsu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal