Dua Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai



Keguguran menjadi salah satu hal yang paling dikhawatirkan dan ditakuti oleh para ibu hamil. Namun kebanyakan wanita yang mengalami keguguran sulit untuk mengetahui penyebab keguguran yang dialaminya. Keguguran sendiri biasanya terjadi ketika janin yang meninggal masih berumur kurang dari 20 minggu atau pada saat janin memiliki berat kurang dari 500 gram. Keguguran dapat terjadi oleh beberapa faktor. Faktor ini dibedakan menjadi dua, yaitu faktor dari ibu dan faktor dari janinnya.

Faktor kesehatan ibu hamil
Kesehatan ibu menjadi salah satu faktor terpenting agar tidak terjadi keguguran. Sekitar 30 hingga 40 persen penyebab keguguran berasal dari kesehatan ibu hamil. Kesehatan ibu hamil dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kelainan pada system hormonal, kelainan rahim, penyakit berat yang diderita oleh sang ibu, gaya hidup, trauma, usia, gangguan pembekuan darah, dan lain sebagainya.

Kelainan pada rahim yang sering terjadi adalah adanya miom atau tumor pada jaringan otot. Adanya miom ini dapat mengganggu pertumbuhan dari embrio yang sedang dikandung. Selain itu, dapat juga terjadi akibat rahim yang terlalu lemah. Hal ini dapat menyebabkan rahim tidak kuat menahan berat janin yang sedang berkembang. Keguguran juga dapat disebabkan oleh usia ibu yang terlalu muda maupun yang terlalu lanjut usia terutama ibu yang mengalami kehamilan pada usia diatas 40 tahun. Hal ini disebabkan pada usia tersebut, seorang wanita memiliki kualitas sel telur yang tidak terlalu bagus. Keguguran juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras, maupun obesitas. Hal ini dapat menyebabkan gangguan hormon yang dapat menyebakan terjadinya keguguran.

Faktor janin
Kelainan pada janin menyebabkan keguguran sekitar 60 hingga 70 persen. Kelainan ini biasanya terjadi karena adanya kelainan pada kromosom yang terjadi pada saat proses pembuahan berlangsung. Akibatnya, terjadi kecacatan pada embrio yang terbentuk sehingga sangat rentan terjadi keguguran. Yang sering terjadi apabila keguguran disebabkan oleh kelainan janin menandakan bahwa kualitas janin dalam kandungan tidak baik. Sehingga pemberian obat penguat kandungan maupun istirahat total tidak akan dapat mencegah terjadinya keguguran.

Dua Faktor Penyebab Keguguran yang Harus Diwaspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal