Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan


Bayi memiliki masa pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda setiap bulannya. Mulai dari pertumbuhan fisik, sensori, sosial maupun keterampilan motoriknya. Pada bayi yang berumur 12-24 bulan, peningkatan bobot bayi tidak lagi sepesat pada saat umurnya masih 0-12 bulan. Pada umur 12-24 bulan, bayi akan lebih banyak mengalami perkembangan terhadap motoriknya. Pada usia 12 bulan, bayi mulai bisa berdiri sendiri dan mulai belajar melangkah. Pada umur 13 bulan, bayi mulai menunjukkan kegesitannya dengan belajar merangkak melewati anak tangga. Mengawal anak umur segini memang membutuhkan energi yang lebih besar. Karena kini rasa ingin tahunya sedang besar-besarnya sehingga dia akn terus mengeksplor benda-benda di sekitarnya. Oleh karena itu hendaknya jauhkan benda-benda yang tajam dan dirasa berbahaya dari jangkauannya.
Pada saat bayi berumur 14 bulan, dia akan mulai ingin menggerak-gerakkan tangannya yang mengindikasikan untuk menulis. Berikan padanya kertas agar dia tidak mencorat-coret dinding rumah Anda. Selanjutnya di umur 15 bulan bayi mulai berjalan perlahan tanpa bantuan dari siapapun. Pada umur 18 bulan, naik turun tangga bisa menjadi favoritnya. Karena pada umur ini, mereka sudah mampu menaiki tangga pada bantuan orang lain. Untuk itu sebagai penghargaan untuk diri mereka sendiri. Sedangkan pada umur 24 bulan dia mulai bisa berlari, berjalan mundur hingga berjalan berjinjit. Selain itu bayi juga mulai meningkat kemampuan berbahasanya. Rata-rata bayi yang berusia 2 tahun, mampu menyebutkan kata-kata  50-200 kata.

Ada beberapa stmulasi yang bisa Anda lakukan untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Anda bisa meletakkan benda-benda kesukaan anak Anda di lantai dan memintannya untuk memungutnya. Jangan lupa untuk mempersiapkan lantai atau karpet yang nyaman dan aman bagi anak yang sedang dalam proses belajar berjalan. Kemudian Anda juga bisa mengajarinya untuk naik turun tangga secara bertahap. Jangan memaksanya karena hanya akan membuat anak Anda rewel karena kelelahan. Belikan mainan dorong yang bisa membantunya belajar berdiri dan menjaga keseimbangan dengan berpegangan pada mainan dorongnya. Untuk itu Anda harus tetap mengawasinya agar dia tidak terjungkal dan cedera. Kemudian Anda juga bisa mengajaknya bermain kejar-kejaran di tempat aman tentunya untuk melatih kemampuan motorik halus dan kasarnya.
Bayi yang berusia 2 tahun mengalami perkembangan-perkembangan yang berguna di masa yang akan berguna di masa yang akan datang. Pada usia 12-18 bulan, bayi mengalami sub tahap kognitif yang ke lima, yakni reaksi sirkular tersier, kebaruan dan rasa ingin tahu. Bayi akan mengalami saat-saat dia sangat tertarik dengan obyek-obyek beserta sifatnya yang ada disekitarnya. Dia akan mencoba bereksperimen membangun sesuatu yang bersandar pada sifat benda tersebut. Stimulasi yang paling tepat adalah dengan memberikannya mainan kubus yang akan membantunya mengasah otaknya untuk membangus sesuatu sesuai dengan daya imajinasinya. Selain itu, dia juga mulai bisa meniru melakuka pekerjaan rumah tangga seperti menyapu dan mencuci ataupun memagang dengan benar gelas untuk minumnya tanpa tumpah. Tentu saja hal ini membutuhkan stimulasi dan kesabaran. Sedangkan pada usia 24 bulan, bayi berada dalam sub tahap perkembangan kognitif ke 6 yaitu internalisasi skema, dimana bayi mulai memiliki kemampuan untuk mengaplikasikan simbol-simbol primitif dan mempresentasikannya dengan tepat. Hal ini ditandai dengan kemampuannya untuk menunjuk sesuatu tanpa harus merengek dan menangis. Mulai bisa menunjukkan apa yang diinginkan dengan menarik tangan ibunya agar ibu mengetahui maksud yang dipikirkannya.
Setiap bayi memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Jangan terlalu khawatir jika pertumbuhan dan perkembangan anak Anda sedikit lambat. Anda hanya perlu memberikan stimulasi yang sesuai dengan usianya dan dibarengi dengan asupan nutrisi yang tepat. Jangan lupa limpahan kasih sayang yang Anda curahkan juga berpengaruh terhadap pembentukan pribadi dan otak anak.

Perkembangan Anak Usia 12-24 Bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal