Tips Kuras Air Radiator Dengan Benar

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai apa itu radiator dan bagaimana cara menguras cairan radiator dengan benar. Radiator itu sendiri dapat dibilang salah satu komponen yang sangat penting keberadaannya untuk kondisi performa mesin. Radiator bisa dibilang pendinginnya mesin. Dengan adanya komponen radiator ini, maka mesin tidak akan terlalu panas atau tidak terlalu tinggi suhunya. Dengan begitu, maka mesin mobil bisa terus memperlihatkan performa optimalnya. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara menguras air radiator, simak ulasan berikut.
Untuk cara tepat kuras komponen air radiator yang pertama yaitu memakai cairan berupa radiator cleaner sebelum Anda melakuakan pengurasan. Memang cara tepat kuras komponen air radiator satu ini dirasa penting karena bertujuan supaya hasilnya bisa lebih optimal. Pengaplikasian cara tepat kuras komponen air radiator satu ini dapat Anda lakukan sebelum Anda menguras atau bisa dibilang proses pembuka. Untuk metode cara tepat kuras komponen air radiator satu ini yaitu dengan hanya memasukan cairan cleaner terebut ke dalam bagian radiator. Memang cairan radiator cleaner ini dapat dikatakan sebagai gantinya air dan juga biarkan cairan ini terdapat di dalam radiator selama kurang lebih 25 menit. Pada kondisi tersebut, Anda harus memastikan mesin mobil Anda tetap pada keadaan hidup. 

Saat Anda sudah selesai menerapkan cara tepat kuras komponen air radiator satu ini, maka selanjutnya pengurasan baru bisa Anda lakukan. Metode cara tepat kuras komponen air radiator selanjutnya yaitu dengan membiarkan mesin mobil Anda tetap pada keadaan menyala. Jangan sampai Anda mematikan mesin mobil Anda, setelah itu baru Anda melepas selang yang menghubungkan mesin dengan radiator pada bagian atas. Untuk cara tepat kuras komponen air radiator selanjutnya yaitu dengan membiarkan selang terlepas dari bagian mesin.
Dengan melakukan cara tepat kuras komponen air radiator satu ini, maka nantinya air dengan lumpur-lumpur bisa keluar. Setelah itu, Anda bisa memasukan air ledeng yang berguna untuk cara tepat kuras komponen air radiator secara bertahap. Kalau Anda menggunakan cleaner, maka pastikanlah air ledeng bisa menggantikan seluruh cairan cleaner pada radiator dan juga mesin. Untuk cara tepat kuras komponen air radiator yang selanjutnya yaitu air ledeng nantinya akan mengalir lewatsaluran radiator, lalu bersirkulasi memasuki bagian mesin hingga menuju ke gearbox.
Tahap cara tepat kuras komponen air radiator selanjutnya yaitu dari bagian gear box, maka akan disalurkan kembali ke bagian mesin dan juga nantinya akan keluar bersamaan dengan lumpur-lumpur endapan di bagian mesin. Lumpur tersebut akan terbawa melalui selang tadi yang telah disiapkan pada langkah cara tepat kuras komponen air radiator yang sebelumnya.
Kalau memang sudah selesai serta air ledeng sudah terlihat bersih, maka Anda bisa menyambungkan semua selangnya seperti keadaan semula. Anda jangan sampai lupa masukan air radiator untuk sebagai gantinya. Tentunya sangat mudah bukan cara untuk mengisi air radiator tersebut. Sekian saja ulasan kali ini yang membahas mengenai bagaimana cara yang tepat untuk menguras cairan radiator pada mobil. Bagi Anda yang ingin mengganti cairan radiator, Anda bisa menerapkan beberapa tahapan dan tips di atas. Semoga dengan adanya artikel kali ini, bisa bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa juga untuk mengganti cairan radiator dengan yang orisinil atau yang asli supaya hasilnya berkualitas.

Tips Kuras Air Radiator Dengan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Taufiq Iqbal